Di penghujung Tahun 2019, Saya dan teman teman  beramai ramai memposting resolusi Tahun 2020 di media sosial. Seperti Tahun Tahun sebelumnya, akhir Tahun selalu dibanjiri dengan postingan berisi resolusi untuk Tahun berikutnya. Sekarang sudah Bulan Maret 2020, dan belum ada satupun resolusi yang terlaksakan oleh Saya. 

Resolusi Tahun 2020 Saya, salah satunya adalah ingin menjalani hidup sehat, makan teratur dan olah raga teratur, namun pada kenyataannya ini merupakan resolusi saya dari Tahun Tahun sebelumnya yang tidak pernah terlaksanakan dengan tuntas hingga saat ini. Selalu saja ada halangan dalam menjalankannya.

Sempat memulai untuk diet, namun selalu timbul pertanyaan apakah diet yang saya jalankan sudah benar ? akhirnya dietpun gagal. Sempat  mulai rajin untuk olahraga, namun berhenti ditengah jalan, karena berfikiran takut salah olahraga. Takut dalam mengambil keputusan membuat saya tidak memulai dan menyelesaikan resolusi saya. 

Acara di Pantai Mutiara Sports Club Jakarta, 28 Februari 2020 yang diselenggarakan oleh PT Cordlife Persada (Cordlife) menjawab semua kegalauan saya. Acara ini merupakan Health Talkshow bertajuk “Your DNA Says A Lot About You”.

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai acara Health Talkshow ini, saya ingin bertanya kepada teman-teman, apakah teman teman sudah tahu tentang PT Cordlife Persada (Cordlife) ?  

PT Cordlife merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang mengoperasikan pemrosesan darah tali pusat di Indonesia. Jadi PT Cordlife Persada (Cordlife) berfokus pada ibu dan anak melalui layanan penyimpanan darah tali pusatnya.

Di acara Health Talkshow bertajuk “Your DNA Says A Lot About You” di Pantai Mutiara Sports Club ini, PT Cordlife Persada (Cordlife) menjelaskan bahwa kini PT Cordlife Persada (Cordlife) tidak hanya berfokus pada ibu dan anak melalui layanan penyimpanan darah tali pusatnya saja, namun kini mengembangkan layanan tes DNA/uji genetis melalui Cordlife Genetic di Indonesia. 

Talitha A. Prameswari, Product Marketing Manager PT Cordlife Persada, dalam acara Health Talkshow ini, mengatakan bahwa kehadiran layanan baru tes DNA ini sebagai solusi dari Cordlife kepada konsumen Indonesia yang semakin peduli terhadap kesehatan, agar dapat menyiapkan segalanya bagi keluarga dan diri sendiri.

Seperti yang kita ketahui bahwa tes DNA lazim diketahui masyarakat sebagai tes pada sampel kromosom gen untuk mencari tahu hubungan kekerabatan seseorang. Dimana dari penelitian tersebut bisa ditelusuri jejak asal-usul nenek moyang setiap manusia karena DNA (deoxyribonucleaic acid) secara umum berfungsi untuk menyimpan informasi dan menentukan karakteristik biologis pada makhluk hidup, sekaligus membawa informasi genetika.

Dalam ilmu forensik, DNA di dalam darah, kulit, atau rambut bahkan dapat diteliti untuk mengidentifikasi korban tindak kriminal yang tidak memiliki identitas hingga meneliti tersangka melalui metode DNA Profiling.

Namun banyak orang belum mengetahui bahwa seiring dengan perkembangan dunia medis khususnya penelitian terhadap DNA, tes DNA kini dapat menelusuri jejak profil kesehatan seseorang, resiko kesehatan, serta perbaikan gaya hidup yang diperlukan untuk mendukung kesembuhan hingga menjaga kesehatan tubuh manusia dari penyakit. Sebagai penyimpan informasi biologis, tes DNA menjadi sangat penting dan dapat dilakukan oleh siapapun.

Menurut Dr. Monica Surjanto, Sp.KO, dokter spesialis kedokteran olahraga. “Tes DNA dapat digunakan untuk mengetahui potensi resiko seseorang mengalami suatu jenis penyakit sehingga orang tersebut dapat melakukan perubahan gaya hidup ataupun tindakan preventif yang dibutuhkan. Dengan melakukan uji genetis melalui tes DNA, dapat diketahui bagaimana genetis tubuh dapat mempengaruhi kondisi kesehatan, melakukan perubahan gaya hidup seperti pola diet yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan dan meminimalisir potensi resiko penyakit yang mungkin timbul di kemudian hari.”

Jelas Lebih lanjut studi molekuler berdasarkan pada gen juga telah menyoroti sejumlah potensi DNA penting yang berkontribusi pada kesuksesan atlit pada olahraga yang membutuhkan kecepatan atau kekuatan. “Faktor genetik berperan besar dalam kemampuan tubuh seperti kekuatan, kecepatan, dan massa otot. Melalui uji DNA, kita dapat membaca tipe genetik otot sehingga dapat mengetahui juga jenis-jenis olahraga yang sesuai dengan gen kita,” jelas Dr. Monica Surjanto, Sp.KO dari klinik Medifit, pusat rehabilitasi aktif pertama di Indonesia yang menggunakan aktivitas fisik sebagai terapi utama dalam proses penyembuhan suatu penyakit, cedera olahraga, maupun pemulihan pasca operasi.

Produk andalan Cordlife Genetic adalah Genesis 2.0 dimana tes DNA ini merupakan tes genetik paling komprehensif yang dapat mendeteksi hingga lebih dari 360 panel melalui pemeriksaan dari lebih dari 1400 gen. Tes ini dapat membantu untuk melakukan perubahan gaya hidup ataupun tindakan preventif yang dibutuhkan dalam mencegah penyakit.

“Cordlife Genetic melalui Genesis 2.0 mampu menganalisis lebih dari 360 panel meliputi resiko penyakit, kondisi terkait gaya hidup, karakteristik fisik dan lainnya, sehingga dapat menemukan informasi mengenai tipe metabolisme untuk mencapai tujuan diet yang tepat, serta aplikasi gaya hidup yang tepat untuk mendapatkan bentuk badan ideal dan mengetahui tipe otot serta tipe diet yang sesuai genetis,” ujar Talitha A. Prameswari, Product Marketing Manager PT Cordlife Persada,

Pada era globalisasi modern ini, gaya hidup masyarakat sangat berpengaruh dalam kesehatan manusia. Oleh karena itu, Cordlife juga menghadirkan produk uji genetis yang berguna untuk penelusuran kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup manusia dengan menghadirkan produk Cordlife Genetic Diet, Cordlife Genetic Skin dan Cordlife Genetic Sport

  • Cordlife Genetic Diet merupakan produk tes DNA untuk mencari informasi kebutuhan akan nutrisi dan diet, dengan menganalisis 3 gen yang terkait dengan obesitas dan penambahan berat badan. Hasil ini akan mendukung program gaya hidup sehat yang dilakukan dalam keseharian dan menyesuaikan dengan tipikal metabolisme tubuh. Gaya hidup sehat dengan melakukan diet sangatlah populer dan telah diaplikasikan oleh banyak orang. Sayangnya banyak orang yang melakukan diet namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan karena kurang memahami metabolisme tubuh. Hal inilah yang mendukung terciptanya Cordlife Genetic Diet
  • Cordlife Genetic Skin Tes DNA ini merupakan tes genetis untuk kebutuhan terkait kulit & kecantikan dengan menganalisis 3 gen yang terkait dengan proses penuaan kulit yaitu UV & proses oksidasi dari sel kulit. Tes ini memberikan gambaran bagaimana kulit terpengaruh oleh sinar ultraviolet ataupun kemampuan untuk mengeliminasi oksigen aktif (antioksidan) dan memberikan informasi mengenai proteksi kulit optimum dan regimen kecantikan.
  • Cordlife Genetic Sport dimana Tes DNA ini merupakan uji genetis untuk kebutuhan terkait olahraga dengan menganalisis satu gen yang terkait dengan perkembangan otot. Tes ini memberikan gambaran tips dan saran terkait olahraga dan memprediksi tipe olahraga yang sesuai. Dengan mengetahui tipe genetik otot, maka seseorang dapat menentukan apakah dirinya lebih baik memilih olahraga yang berfokus pada power (kekuatan) atau endurance (ketahanan).

Hadirnya layanan tes DNA dari Cordlife disambut gembira oleh Fanny Ghassaniaktris dan presenter, “Bagi saya yang sangat peduli terhadap kesehatan tubuh, layanan tes DNA terpercaya Cordlife dapat memberikan rasa percaya diri dalam menerapkan gaya hidup yang sesuai. Saya sendiri telah memanfaatkan produk Cordlife Genesis 2.0, dimana saya merasa diuntungkan dengan mendapat penjelasan lengkap mengenai resiko potensi penyakit menurut DNA saya, yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Dari sini saya bisa melakukan tindakan preventif yang tepat melalui pola diet dan olahraga yang sesuai dengan tubuh saya.”

Dalam menerapkan pola hidup sehat, Fanny mengaku bahwa dirinya sering berganti-ganti metode diet dan olahraga untuk mengetahui pola yang sesuai dengannya. “Saya banyak coba macam-macam diet dan olahraga, seringkali juga hanya karena melihat keberhasilan orang lain atau karena sedang tren, tapi ketika saya terapkan ternyata tidak semua cocok. Mengetahui genetik tubuh dengan tes DNA seperti ini akan sangat membantu mencapai tujuan diet dan olahraga saya,” ujar Fanny Ghassani.

Produk Cordlife Genetic dari Cordlife disertifikasi oleh Dewan Perlindungan Informasi Genetik Individu (CPIGI), dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan lebih dari 800.000 sampel telah diuji serta memiliki database terbesar untuk gen Asia. 

Dengan dukungan fasilitas terbaik dan sarana teknologi tinggi dari Cordlife, tes sampel dapat dikumpulkan dengan mudah yaitu hanya melalui air liur (saliva) dan memberikan hasil yang komprehensif dengan tingkat akurasi 98%.

Menurut Talitha A. Prameswari, Product Marketing Manager PT Cordlife Persada, “Cordlife menghadirkan analisis mendalam dan rekomendasi terhadap keseluruhan produk tes DNA, baik itu Genesis 2.0, Cordlife Genetic Diet, Cordlife Genetic Skin dan Cordlife Genetic Sport, dimana tampilan hasil tes meliputi profil resiko berdasarkan gen, penjelasan mendetail untuk setiap penyakit/kondisi serta rangkuman dari tingkat resiko. Cordlife Genetic cocok untuk setiap orang dengan gaya hidup aktif dan berorientasi kesehatan, serta menyadari pentingnya mengoptimalkan potensi diri dan menyiapkan beragam hal baik untuk masa depan

Dengan adanya layanan terpercaya dari Cordlife, saya yakin ini akan  menjawab semua kebimbangan masyarakat dalam menentukan pola hidup sehat, olahraga yang tepat, juga proteksi kulit optimum dan regimen kecantikan.

Written by

Rishya Allan

“Where the Internet is about availability of information, blogging is about making information creation available to anyone.”

_George Siemens_